Pages

Sabtu, 12 Mei 2012

KHASIAT JUS APEL


jus-apel.png
An apple a day keeps doctor away. Ungkapan ini sangat tepat untuk menggambarkan manfaat buah apel bagi kesehatan tubuh. Pasalnya, apel dianggap sebagai salah satu buah yang paling sehat karena mampu mengendalikan kolesterol, kadar gula darah, dan membantu pencernaan. Bahkan, sebutir apel bisa berfungsi sebagai “sikat gigi alami”. Mengunyah sebutir apel dianggap sama dengan menggunakan sikat gigi alami. Penelitian menunjukkan bahwa apel mampu membersihkan makanan yang tersembunyi di belakang gigi dan gusi sehingga menghalangi karies gigi dan penyakit gusi.
Penderita penyakit gusi yang serius memperoleh manfaat dari tinggi kandungan vitamin C yang terdapat dalam sebutir apel. Daripada dimakan segar, apel lebih baik dikonsumsi dalam bentuk jus karena kandungan gizi dan vitaminnya lebih tinggi. Satu gelas jus apel mengandung 22 mg fosfor, 15 mg kalsium, 15 mg zat besi, 250 mg potassium, 15 mg sodium, sedikit vitamin B kompleks, 2 mg vitamin C, dan 20 I.U vitamin A per 100 gram jus apel.
Manfaat jus apel bagi kesehatan sebagai berikut :
1. Menurunkan kolesterol dan tekanan darah
2. Meningkatkan High Density Lipoprotein
3. Menstabilkan gula darah
4. Memperlancar pencernaan
5. Memperkuat jantung dan sebagai agen anti-kanker
6. Mengurangi nafsu makan
7. Membantu menurunkan berat badan
8. Memperkuat ginjal
buah apel.jpg
Khasiat apel terletak pada kandungan karoten dan pektinnya yang merupakan serat yang larut dalam air. Pektin berperan menurunkan kolesterol jahat atau LDL ( low Density Lipoprotein ) yang dapat menyumbat pembuluh darah. Pada saat yang sama, pektin juga menaikkan kadar kolesterol baik atau HDL ( High Density Lipoprotein ). Semakin tinggi tingkat HDL-nya, resiko terserang penyakit jantung juga semakin rendah. Kerja pektin yang terdapat dalam jus apel sangat cepat. Karena itu, begitu selesai meminumnya, proses pembuangan lemak langsung dimulai.
Jika sudah berada didalam tubuh, pektin yang terkandung dalam apel akan mengikat air secara kuat. Kemudian, pektin menyerap substansi air itu dan menggunakannya untuk membebaskan sel dari gumpalan-gumpalan lemak. Pektin merupakan salah satu tipe serat kasar yang mempunyai beberapa keuntungan karena bentuknya berupa gel. Selain itu, pektin juga dapat memperbaiki otot pencernaan dan mendorong sisa makanan pada saluran pembuangan. Pektin juga terkandung dalam obat anti-diare Kaopectate. Karena itu, juga berkasiat untuk menghilangkan diare. Pektin juga menyerap kelebihan air dalam usus, memperlunak feses, mengikat dan menghilangkan racun, dan membasmi kuman dalam perut dan usus. Jus apel juga disarankan sebagai obat radang sendi dan arthritis.
Satu butir apel berukuran sedang mengandung 10 gram serat dari 20-35 gram serat yang diperlukan tubuh setiap hari. Kandungan vitamin A pada apel berfungsi untuk menyembuhkan influensa dan infeksi lainnya. Khasiat lainnya, menjaga kondisi mata dan mencegah kebutaan. Kandungan vitamin C dan B pada apel adalah untuk mempertahankan kesehatan urat syaraf. Bagi anda yang bermasalah dengan obesitas, minum jus apel setiap hari dapat membantu menurunkan berat badan. Bahkan, jus apel dapat menghalangi pembentukan sel-sel kanker, menghilangkan rasa haus,, mengurangi keasaman perut, membantu menghilangkan elemen-elemen racun dalam tubuh, dan memperkuat ginjal. Jus ini secara rutin diminum satu gelas sehari sebelum makan pagi.

0 komentar:

Posting Komentar